Ilmu Islam

Kebiasaan Buruk Wanita

ghibah

4 Kebiasaan Buruk Wanita

Namanya juga manusia pasti selalu ada pada diri kita yang memiliki kebaikan atau kekurangan aib tersendiri. Tapi menyangkut soal gender, kaum perempuan secara umum juga dianggap mempunyai kelemahan atau kebiasaan buruk. Memang yang pasti tidak seluruh kaum hawa yang memiliki kebiasaan buruk, tapi ini mungkin yang sering kali mencolok ada dalam diri perempuan.

  1. Banyak Bicara

Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland menemukan kenyataan bahwa perempuan berbicara 3 kali lipat lebih banyak daripada laki-laki. Dalam satu hari, rata-rata perempuan mengeluarkan 13.000 sampai 20.000 kata sedangkan laki-laki hanya 7.000 kata. Jadi, tidak heran kan kalau kita tidak pernah merasa kesepian berada di sekliling teman-teman perempuan.

Perempuan harus berusaha mengbah kebiasaan tersebut karena Agama tidak menyukai orang banyak bicara tanpa manfaat. dalam kitab Ta’lim al-Mutallim disebutkan: “Yakinlah bahwa orang banyak bicara itu gila.” Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia berkata baik, atau hendaklah ia diam,” (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Banyak bicara juga menjerumuskan seseorang dalam bahaya, karena bicara banyak berarti tidak banyak berpikir terhadap apa yang dibicarakan, maka pembicaraannya acapkali salah dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Maka sudah sepantasnya bagi wanita muslimah berusaha untuk tidak terlalu banyak bicara.

  1. Ghibah

Studi menemukan, wanita rata-rata mendengar sedikitnya 3 gosip baru dalam seminggu. Biasanya berkaitan dengan hal-hal seperti seks, urusan pribadi seseorang dan masalah keuangan. Bergosip atau mendengarkan gosip tentang kejelekan seseorang disebut Ghibah dalam bahasa Islam, dan hal itu sangat tidak terpuji. Membicarakan keburukan orang lain selain menyia-nyiakan waktu, juga akan berefek buruk bagi si pembicara pula, karena dapat menyebabkan permusuhan dan sebagainya.

Dalam hal ini, Allah Swt berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jauhkanlah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kalian memakan daging (bangkai) saudaranya yang sudah mati? Maka, tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat, 12).

  1. Tidak Bisa Menjaga Rahasia

Wanita memang dikenal tidak bisa menyimpan rahasia. Berdasarkan penelitian terbaru, wanita yang telah diberitahu tentang rahasia seseorang cenderung akan menceritakan rahasia itu pada orang lain dalam waktu kurang dari dua hari. Peneliti asal Inggris telah melakukan penelitian terhadap 3.000 wanita berusia 18 – 65 tahun. Hasilnya, empat dari 10 di antaranya terbukti tidak dapat menyimpan rahasia.

Seorang Ulama berkata: “Orang yang tidak bisa menjaga Rahasia, jual lah ia dengan segenggam Abu dapur”. Saya rasa kata-kata itu cukup sebagai celaan bagi orang yang tidak bisa menjaga rahasia

  1. Terlalu Suka Belanja

Belanja merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi wanita. Ternyata sekitar 85% wanita mengakui bahwa mereka suka berbelanja secara diam-diam. Membeli parfum dan sepatu bisa menjadi salah satu pemicu rasa bersalah mereka ketika telah membelinya.

Dikutip dari Daily Mail, hasil survei menunjukkan hampir 79% wanita atau delapan dari sepuluh wanita di Inggris berbelanja tanpa sepengetahuan pasangannya. Rahasia yang biasanya disembunyikan dari pasangan adalah ketika wanita membeli barang-barang mahal seperti tas dari desainer ternama, kumpluan CD atan DVD, buku, pakaian mahal, alkohol hingga kebiasaannya merokok.

Membeli sesuatu yang tidak terlalu penting tentu saja perbuatan tidak terpuji, apalagi masih banyak tetangga-tentangga yang hidupnya dibawa garis kemiskinan. Seharusnya kita banyak bersedekah, bukan malah boros dengan membeli pakaian dan lain-lain hanya untuk penghias lemari. Allah Swt. berfirman: “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. al-Isra’, 27)

Wallahu Muwaffiq ila aqwami ath-Thariq. 

Sumber : Lentera Kehidupan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s